Minggu, 05 Februari 2017

Buatlah Bisnis Anda Menjadi E-Commerce

Buatlah Bisnis Anda Menjadi E-Commerce - Usaha online  menjamur di dunia maya. Kalau anda jeli menggelutinya,Bisnis atau usaha anda bisa makin menggurita, tidak hanya di tingkat lokal tapi juga internasional. Agar bisa mencapainya, anda perlu mempersiapkan bebeapa hal agar mampu mengantisipasi lonjakan permintaan. Seiring perkembangan bisnis online, tidak hanya di dunia nyata, bisnis juga semakin memasuki dunia maya. Aktivitas transaksi  tak lagi harus melalui pertemuan  tatap muka secara langsung antara pembeli dan penjual, dunia maya telah menyediakan tempat bagi pelaku bisnis  untuk bisa bertransaksi secara virtual.

E-commerce merupakan kepanjangan dari Electronic Commerce yaitu Lalu lintas perdagangan electronic antara penjual pembeli yang melakukan pertukaran barang juga jasa, diantara kedua belah pihak dengan system elektronik yaitu Internet. E-commerce sendiri melibatkan antara transfer dana electronic, pertukaran data elektronik.

Tak heran jika pengguna internet terus tumbuh dari tahun ke tahun. Diperkirakan tahun ini pengguna internet di Indonesia sebanyak 112 juta orang, mengalahkan jepang di peringkat 5 yang pertumbuhan jumlah pengguna internetnya makin lamban. Meluasnya pengakses internet ini semakin membuka lebar prospek bisnis berbasiskan teknologi tersebut. Keuntungan dari bisnis ini tidak hanya menjadi monopoli para operator internet saja, tapi kini sudah terbuka bagi seluruh masyarakat untuk bisa memanfaatkannya. Perkembangan bisnis online yang semakin bagus, tetapi ini belum puncaknya sehingga potensi pasar masih terbuka lebar. Pertumbuhan bisnis online yang cukup pesat, dapat dilihat dari dua sisi, pertama, kondisi sistem informasi di Indonesia semakin menunjang bisnis online. Teknologi telekomunikasi terus berkembang cepat Selain itu masyarakat juga semakin terbuka untuk menerima perkembangannya.

Tidak Perlu Biaya Besar
Bisnis Online memiliki keunggulan, yaitu tidak memerlukan kehadiran anda untuk bisa mengawasi bisnis setiap waktu. Jadi anda masih bisa membangun dan menjalankan bisnis di dunia maya sembari melakoni pekerjaan tetap di perusahaan lain. Kemudahan lainnya, anda tidak perlu menggaji banyak karyawan karena sejatinya bisnis online tidak memerlukan tenaga yang banyak dan tempat usaha yang  luas. Jadi anda tak perlu merogoh modal besar. Modal utama pembisnis online adalah seperangkat computer yang bisa terkoneksi dengan internet.
          
Selain itu bisnis online bisa menekan biaya operasi misalnya pembisnis tidak perlu mengeluarkan ongkos sewa ruko berpuluh-puluh juta rupiah. Di luar itu biaya promosi di internet lebih murah. Selain itu viral marketing atau efek virusnya bisa kuat sekali dengan cepat. Konsumen bisa merekomendasikan barang itu ke pembeli lain asal tinggal cek saja di situs jejaring social. Semua orang akan tahu, memang fenomena jejaring sosial seperti Facebook dan Twitter berpengaruh besar terhadap perkembangan viral marketing, jejaring sosial bisa menghidupi online bisnis. Kelebihan yang terakhir adalah aktivitas belanja secara online bisa dilakukan secara multitasking artinya bisa dikerjakan sambil makan bekerja nonton TV dan sebagainya.

Saya ambil contoh, Ada wadah tempat dimana kita ingin menjual peroduk usaha atau bisnis kita di Marketplace ( tempat penjualan/pembelian secara online ). Seperti halnya Bukalapak, tokkopedia, elevania, JB Kaskus. Tujuan ini adalah mewadahi para penjual dan pembeli atau sebaliknya untuk melakukan transaksi secara cepat, mudah dan juga tanpa repot dengan berbasis pada Internet.

Ini ada 2 contoh yang saya rekomendasikan tempat penjualan/pembelian secara online/marketplace yang bersumber dari youtube, agar anda bisa tahu secara langsung bagaimana untuk mendaftar dan langsung action melakukan penjualan produk anda secara online.
www.bukalapak.com

www.tokopedia.com
Meminimalkan Resiko
Bisnis online juga menghadapi hambatan lain. kendala teknis yang sering terjadi di Indonesia adalah kualitas jaringan internet yang masih pas-pasan. Selain itu karena berbisnis online terlihat mudah Semua orang bisa melakoninya akibatnya keamanannya lemah. Anda perhatikan sebelum memulai bisnis Online, salah satunya bisnis anda akan lebih cepat maju jika anda memiliki reputasi bagus di dunia nyata (offline) ini akan membuat kepercayaan orang makin tinggi. Dahulu sebelum adanya internet orang suka jualan memakai katalog tinggal lihat gambar dan spesifikasi barangnya lalu bisa pesan, dengan adanya internet masyarakat pasti akan senantiasa dan bisnis online menjadi lebih maju jika anda merupakan pedagang yang ingin memindahkan tempat dagang di dunia maya. sebaiknya jangan membuka toko display di lokasi yang mahal seperti di mall lebih baik dana untuk menyewa tempat mahal itu, dialihkan untuk memperkuat teknologi agar website atau toko online Anda mudah diakses  oleh calon pembeli.

Selain itu perlu manajemen stok yang baik. Harus jelas posisi anda sebagai produsen. atau murni pedagang. Anda juga harus mempersiapkan diri dengan target pasar, misalnya, Apakah bisa melayani pemesanan di seluruh Indonesia. Pemilik usaha harus tahu betul bahwa salah satu konsumennya memang familiar dengan internet kemudian mereka harus mengenal transaksi lewat internet. Kalau menyasar kalangan manula ya, tidak selalu cocok dengan bisnis online. Anda juga perlu menjalin kerjasama dengan perbankan agar mempermudah sistem pembayaran. langkah ini juga bisa meminimalkan kejahatan. jangan lupa, kejahatan atau kecurangan seperti itu bisa merusak reputasi bisnis anda.

Kapan lagi waktu yang tepat untuk memulai sebuah bisnis/usaha secara online? Dari pada menunda terus sebaiknya mulailah usaha dari sekarang…..
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Dapatkan Artikel Hari Ini

Arsip Blog