Selasa, 10 Januari 2017

Rustono Jadi Juragan Tempe Di Jepang

Rustono Jadi Juragan Tempe Di Jepang
Rustono Jadi Juragan Tempe Di Jepang - Juragan tempe ini bernama Rustono yang sudah sukses di negara Sakura, Jepang. Bukannya sukses di negeri sendiri tapi malah hebat dan sukses disana. Kita sepatutnya bangga, ada putra bangsa Indonesia yang bisa mengharumkan Indonesia sendiri dan sekaligus makanan tempenya yang pastinya sudah membumi di mancanegara. 

Awal Bisnis Rustono Di Jepang 
Rustono sendiri lahir di Grobongan, Jawa Timur tanggal 3 Oktober 1968. Besar dan belajar di Indonesi. Sampai akhirnya lulus di Akademi Perhotelan Sahid dan Bekerja di Hotel Sahid. 
Pada tahun 1995, beliau bertemu dengan turis asal jepang bernama Tsuroko Kuzumoto, achir cerita dialah yang dipertemukan oleh tuhan dan berjodoh sebagai pendamping setia dengan Rustono.
Dan disitulah awal usaha bisnis tempe yang mau dirintisnya bersama Tsuroko Kuzumoto istrinya. Setelah menikah, cita-cita Rustono adalah menjadi seorang pengusaha di jepang dan tak ingin mau bekerja sebagai karyawan, tapi cita-cita menjadi pengusaha di kubur sementara, beliau juga sempat bekerja dibeberapa perusahaan sambil menabung dan belajar bagaimana mengolah tempe dengan baik. Lho..kok tempe? ia tempe. Dia sempat observasi dan melihat di jepang banyak sekali makanan yang berbahan dasar kedelai seperti tahu, tapi Rustono berpikir , jepang belum ada tempenya.

Ada salah satu makanan yang sama percis seperti tempe yaitu namanya nattou. Disitulah rustono mempunyai ide untuk mengolah makanan tempe sebagai makanan di jepang. Pada saat belajar membuat tempe dari Internet selama 4 bulan rustono ujicoba untuk membuat tempe tapi apa jawabannya, gagal lagi...gagal lagi, tapi juga namanya rustono tidak patah semangat untuk terus menjadi resep yang paling mutahir pada makanan tempe ini.

Achirnya rustono pulang ke tanah air selama 3 bulan dengan tekad ingin belajar ke beberapa pengrajin tempe di pulau jawa dari semarang sampai yogyakarta beliau datangi agar bisa menyerap ilmu mereka dan tidak mau gagal lagi.

Setelah 3 bulan menimba ilmu di tanah air,dan yakin dengan tempe buatannya, rustono sudah mulai berani untuk memproduksi usaha tempe di jepang. Di jepang sendiri sangat sulit untuk ijin produksinya harus benar benar Higienis. Tapi rustono membuktikan dan  membawa sempel tempe buatannya di uji lab, dan pada achirnya tempe buatanya mendapatkan izin untuk dipasarkan.
Tempe Sudah Ada Di Manca Negara
Jangan salah bahwa makanan tempe ini cukup digemari oleh orang jepang selain sebagai makanan pokok mereka tapi juga sebagai makanan pembuka. Dan lebih hebatnya lagi beliau ini selain membuka usaha dan pabrik di jepang juga sudah merambah ke Hongaria, Meksiko, Perancis, Polandia, dan terakhir yang sedang dirintis adalah Rusia, yang pasti metode dan caranya hampir sama yang dilakukan di jepang.

Mimpi Rustono Menjadi Pengusaha Tempe Sudah Terbukti
Untuk mimpi selanjutnya beliau akan melebarkan sayapnya di negara jepang dengan menggunakan peta menggunakan peta negara jepang. Ia akan menentukan daerah-daerah mana saja yang akan menjadi penyaluran produksi tempenya itu. Tidak hanya disitu saja, Beliau juga mendirikan pabrik pada tahun 2000, pabrik yang berdiri didaerah Otsu, Shiga oleh Rustono dan Istrinya.
Yang pastinya Rustono sedang membangun mimpinya dan cita-citanya yang sempat terkubur sementara itu. Sukses Rustono San...

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Dapatkan Artikel Hari Ini

Arsip Blog