Sabtu, 28 Januari 2017

Dari Hobby Menjadi Peluang Bisnis Rajutan

Dari Hobby Menjadi Peluang Bisnis Rajutan
Awalnya ia merajuk karena hoby sejak tingkat sekolah dasar. tapi hobinya tidak  dapat tersalurkan. Setelah sekian lama, akhirnya beliau keluar dari pekerjaannya dan memutuskan untuk mendirikan usaha dengan meluncurkan produk rajutan untuk bayi dan anak-anak Dibawah Bendera 'Dear crochet' kemudian ia melebarkan usahanya dengan mendirikan website www benang-benang.com yang menyediakan berbagai perlengkapan rajut dan segala pernak-pernik pendukungnya. hasil karyanya sudah merambah ke seluruh Nusantara hingga luar negeri, antara lain Jepang, Belanda dan Austria. Beberapa event juga sering diikutinya, seperti festival hari merajut sedunia dimana karya tumpeng rajut buatannya turut serta meramaikan acara tersebut.

Mendirikan Usaha Dari Modal Kurang Dari 500.000 rupiah
Dengan modal awal yang tak sampai  Rp.500.000, yani  mengubah benang-benang koleksinya menjadi sebuah rajutan seperti tas jinjing rajut ,topi rajut, dan lain-lain. Kemudian Seiring berjalannya waktu koleksi untuk usahanya bertambah dari mulai benang, jarum Hakem, handle tas, meteran kain untuk dalaman tas, hingga asesoris seperti kancing bungkus, bros untuk jilbab dan lain sebagainya. Tak hanya itu ada juga komunitasnya yang bernama “komunitas rajut Depok” komunitas tersebut sering mengadakan kopi darat dan pada setiap pertemuan nya membahas tentang rajutan, sharing tentang pola-pola dan mengadakan seminar. ada komunitasnya juga namanya “komunitas rajut Depok” kegiatannya kalau setiap kopi darat seperti membahas tentang rajutan sharing tentang pola-pola dan juga mengadakan seminar.

Sarana Promosi Dengan Media Social
Yani tertarik mendirikan usaha ini karena dia memang hobi dengan rajut merajut. Terlebih lagi dengan koleksi benangnya yang lumayan banyak di rumah. Selain itu usahanya juga bisa dilakukan dirumah dan sekaligus bisa merawat kedua anaknya tanpa harus bolak-balik ke kantor. Dia juga menambahkan bahwa usaha ini juga memperluas jaringan karena banyaknya orang yang masuk dalam komunitas rajutnya di Depok. Tertariknya karena hobi yang pertama, terus kerjanya bisa di rumah bisa merawat anak dan bisa punya banyak teman dari komunitas dalam sehari minimal 6 pesanan dapat dikirimnya. Pesanannya bermacam-macam antara lain berisi benang jarum hendle tas dan meteran. Selain itu, dia juga menerima barang rajutan untuk pesanan dari konsumen. omzetnya selama sebulan lumayan banyak, beliau tidak mau menyebutkan nominalnya.
Media promosi yang diterapkan yaitu melalui jejaring sosial seperti email, website, Facebook dan Twitter. Selama menjalankan usaha ini beliau mengaku mengalami beberapa kendala awalnya memang susah mencari konsumen tapi kita coba buat website dan facebook sebagai sarana promosi dan itu membantu sekali. Selain mendirikan benang-benang.com. Yani juga mendirikan usaha baru yang bernama dayana shop yang baru didirikan 2 bulan yang lalu. Masih berhubungan dengan benang namun hanya menawarkan produk jadinya khususnya hijab plus aksesoris-aksesoris yang berhubungan dengan hijab lokasinya sama dengan benang-benang.com dan sarana promosinya pun sama pula melalui media sosial seperti website, facebook, email dan twitter.

Berbagi Ilmu Dari Pengalaman
Pengalamannya yang telah lama malang melintang dalam dunia rajut merajut tak membuatnya puas sebagai pengusaha. Begitu banyak hal yang telah dilakukannya seperti sharing tentang pola-pola rajutan bersama komunitas rajut Depok, melakukan seminar saat kopi darat, dan mengikuti berbagai festival dalam konteks rajutan. Kali ini yani dan rekannya berbagi pengalaman dari hasil racikan mereka dalam membuat pola rajutan yang dipublikasikan dalam sebuah buku berjudul “Topi Rajut Lucu” Buku ini berisi tentang pola-pola rajutan yang sudah pernah dibuatnya dan disertai dengan gambar-gambar lucu hasil karyanya.

Segumpal benang seperti tidak ada artinya, namun, jika benang itu dirajut perlahan-lahan maka bisa menjadi sebuah hasil karya yang bernilai mahal. dari segumpal benang pula, ilmu dan inspirasi dapat dipublikasikan dalam sebuah buku, ada pepatah mengatakan bahwa’ ibarat menegakkan benang basah’ yang berarti melakukan suatu pekerjaan yang mustahil akan berhasil. Pepatah tersebut tidak akan berarti apa-apa jika seseorang dapat memanfaatkan peluang bisnis dari segumpal benang.

Jadi apa yang susah buat sahabat, dengan hobby saja kita juga bisa menghasilkan rejeki yang halal. Jadi kan ini motivasi buat sahabat untuk langsung action, You Can Doit Now!!!

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Dapatkan Artikel Hari Ini

Arsip Blog