Senin, 23 Januari 2017

Bukan Janji Manis Pembisnis Online

Bukan Janji Manis Pembisnis Online
Bila tekun usaha dunia bisnis di internet dapat juga menghasilkan untung berlipat. Banyak jalan menuju sukses menjadi seorang pembisnis online yang handal tidak lagi cukup sekedar lihai bertutur kata dihadapan calon konsumen melalui dunia maya pekerjaan ini bisa juga dilakukan secara efektif.
Dengan internet di dunia maya, kini terasa tanpa batas. Anda bisa melakukan serangkaian pekerjaan dengan mudahnya termasuk mengumpulkan pundi-pundi kekayaan dengan menjadi pembisnis online di dunia maya. Hal inilah yang mengilhami dua sosok internet marketer yang cukup terkenal yaitu adalah Anne Ahira dan Joko Susilo keduanya memandang pekerjaan ini sangat fleksibel karena bisa dijalankan di mana pun kapan saja dan tanpa batas.

Ketertarikan Anne Ahira akhirnya berawal dari cerita sukses seorang anak muda yang duduk di bangku Sekolah Menengah Atas di Amerika Serikat anak itu bisa menangguk penghasilan ribuan dollar dari internet.Berbekal dari tabungan hasil jerih payahnya sebagai guru bahasa Inggris dan juga matematika selama bertahun-tahun anne ahira memutuskan membeli buku-buku tentang internet marketing terbitan luar negeri, “Saya menghabiskan lebih dari 150 juta” katanya. Maklum dia memulai aktivitas tersebut dari nol tanpa pengetahuan internet dan pengalaman bisnis.

Hal serupa juga dilakoni  Joko Susilo sarjana arsitektur ini mengaku buta seluk beluk di dunia Internet. Sebelum jatuh cinta pada bisnis tersebut pada tahun 2001 ia terilhami oleh cerita sukses orang lain.

Berdasarkan pengalamannya anne ahira akhiran menyarankan bagi para pemula yang tertarik dengan bisnis ini sebaiknya mencari guru atau pembimbing. Selain itu perlu melakukan riset pasar produk dan segala informasi yang diperlukan sebagai bekal memasuki dunia ini.

Alokasikan waktu untuk menguasai medan perang sebelum berharap dapat uang. Buatlah tujuan untuk menjadi ahli dan profesional dalam menjalankan bisnis online ini. Jangan berfikir karena bisnis online tidak ketemu dengan konsumen maka, bisa seenaknya saja melakukannya. Bisnis online itu layaknya real bisnis jadi jangan sembrono.

Pentingnya pemimpin pun diakui Joko Susilo dengan kemampuan bahasa Inggris dan pengetahuan internet yang minim dia sempet terseok-seok selama 10 bulan pertama, terjun di dunia may,a saya coba-coba berbagai peluang bisnis di internet dari model A sampai Z rasanya capek dan frustasi.
Pengorbanan itu tidak sia-sia Joko Susilo menemukan model bisnis yang pas yakni menjual informasi melalui internet dia menjual produk informasi seputar ilmu internet marketing yang dirangkai dalam bentuk e-book atau buku elektronik.

Joko Susilo menulis materi pemasarannya secara lengkap berdasarkan pengetahuan dan referensi yang dipunyai menjadi satu paket informasi. Formatnya adalah PDF dengan kata kunci yang disimpan di server situs miliknya agar mudah diunduh. Dia kemudian membuat sebuah situs mini atau website satu halaman yang berfungsi untuk menjual produknya.

Selanjutnya Joko menulis sales letter atau informasi penawaran yang menarik, penawaran itu untuk menjual e-book. Setelah daftar penawaran itu rampung dan semua sistem pendukung siap, Joko Susilo akan mulai mempromosikan situsnya. Jika pengunjung membaca sales letter, dan tertarik maka dia melakukan order dengan mengisi aplikasi pemesanan dilanjutkan ke proses pembayaran, dan disinilah uang saya hasilkan kata Joko Susilo.

Daftar seluruh pembeli akan tertera di admin area Joko Susilo. Langkah selanjutnya adalah memantau aliran uang yang masuk melalui sistem Internet Banking kemudian mengirim kode akses e-book ke alamat email konsumen “kode akses inilah yang digunakan untuk men-download e-book yang saya jual. 

Jangan Janji Manis, Bisnis Online Bisa Cepat Kaya.
Lalu bagaimana pemasaran yang efektif? Joko Susilo punya tips tersendiri dalam strategi pemasaran viral marketing atau pemasaran yang menjebak seperti virus dan disebut juga word of mouth. Sistem viral Marketing adalah tawaran kerjasama bagi hasil yang saling menguntungkan. Kepada konsumen Joko Susilo rela memberi komisi 50% jari penjualan e-book nya jika para anggota membantu menyebar luaskan produk tersebut. Sebagian besar konsumen saya tertarik dan berlomba-lomba mempromosikan produk saya melalui internet ini saya sebut reseller program.

Dari konsep itu Joko Susilo bisa memiliki puluhan ribu orang yang setia mempromosikan produk produknya hasilnya bisnisnya berkembang dan menyebar secara luas dalam waktu singkat. Konsep bisnis ini menyumbang 80% dari total penjualan e-book. Bila bisnis sudah berjalan stabil, modal yang dikeluarkan juga akan semakin minim. Anne Ahira juga mengatakan, modal awal dari bisnis online kalau sudah berjalan minimal hanya 10% dari target penjualan. Itulah hebatnya bisnis online apalagi jika yang kita jual itu berbentuk produk download, video, audio atau e-book.

Joko Susilo menambahkan ada tiga tahap untuk menjamin kesuksesan bisnis di dunia maya yaitu menciptakan produk, merancang situs, dan mendatangkan pengunjung, dia menyarankan agar produk yang dibuat serta dijual disesuaikan dengan bakat dan minat anda.Jangan lupa meriset seberapa banyak orang yang meminati topik itu.Langkah selanjutnya adalah merancang situs web. Buatlah penawaran atau sales letter  semenarik mungkin. Jika langkah ini sudah dilakukan tinggal membuat promosi untuk mendatangkan pengunjung dan meningkatkan traffic.

Inilah tahap terpenting, sebab percuma anda memiliki produk bagus jika hanya segelintir orang yang tahu. Anda bisa berpromosi lewat iklan dengan anggaran yang telah dialokasikan melalui tulisan di blog, email marketing, serta cara-cara promosi lainnya

Share:

1 komentar:

  1. Bagi Anda yang sama sekali belum pernah mencoba online learning, maka Anda harus mengetahui manfaat dari belajar online atau mempunyai guru online. http://smeaker.com/31356/7-kelebihan-belajar-dan-mencari-guru-secara-online/

    BalasHapus

Dapatkan Artikel Hari Ini

Arsip Blog