Senin, 23 Januari 2017

Ada 4 Kiat Mau Jalankan Bisnis Sampingan

Ada 4 Kiat Mau Jalankan Bisnis Sampingan
Sudah waktunya para karyawan atau pekerja berpikir untuk memiliki bisnis sendiri pertimbangannya sederhana; kejadian buruk, atau PHK misalny,a bisa saja terjadi. Daripada pusing tujuh keliling karena tidak siap, bisnis sampingan bisa dirintis sekarang dan ada kiat-kiatnya.

1.    Mulailah Dengan Modal Kecil
Namanya saja bisnis sampingan, Jangan memaksakan diri untuk memulai dengan modal yang besar. Sebaiknya gunakan modal kecil dahulu. Pilih bisnis yang memang tidak butuh modal yang besar, tapi yang prospektif. Contohnya kuliner salah satunya. Memang banyak cara untuk bisa mendapatkan bantuan modal namun bisnis dengan cara seperti ini membutuhkan konsentrasi dan fokus 100% jadi sabar saja dulu ambil waktu dan momen yang tepat dan mulailah dengan segala perencanaan yang baik.

2.    Manajemen Waktu Efektif
Waktu itu ada batasnya. Manajemen adalah kunci untuk mengatasinya. Rancang bagaimana anda menggunakan waktu anda dengan efektif. Ingat, waktu anda bukan hanya untuk bisnis dan bekerja. Setelah melakukan ritual yang anda rasa cocok, jalankan dan cari kemungkinan untuk lebih mengefektifkannya. Ini memang sebuah proses learning by doing dan anda akan tambah pintar untuk bekerja dengan cerdas, tidak hanya bekerja keras kemampuan anda untuk pindah dari kosentrasi pekerjaan dan konsentrasi bisnis ditentukan oleh bagaimana anda mengatur waktu anda.

3.    Gunakan Keahlian Anda
Gunakan keahlian anda sebagai karyawan untuk memperkuat bisnis anda jika anda seorang marketing staff di sebuah perusahaan. Keahlian menjual itu tentu sangat berguna bagi bisnis anda Pastikan dulu keahlian apa yang benar-benar anda kuasai dan lakukan. Jangan terlalu memaksakan diri untuk melakukan hal-hal yang memang bukan keahlian anda. Cari bantuan, seringkali bantuan terbesar justru datang dari orang-orang di sekitar Anda, contohnya, istri, suami atau teman. Tentu saja anda harus tetap memastikan bahwa bantuan itu dalam kerangka bisnis yang benar.

4.    Gunakan fasilitas terpisah
Memang menggiurkan untuk berbisnis dengan menggunakan fasilitas di tempat anda bekerja. Tapi itu sebenarnya sebuah kerugian. Anda misalnya, tidak akan pernah tahu seberapa besar real coast produksi barang atau jasa bisnis anda. Penggunaan akan fasilitas kantor juga membuat anda manja. Bisnis anda akan sulit berkembang karena mengandalkan apa yang sebenarnya bukan menjadi bagian dari bisnis anda itu. Lama-kelamaan bisnis anda akan mencapai titik stagnan yang membingungkan. Jadi lupakan saja fasilitas kantor, bangun bisnis anda dengan kekuatan anda sendiri, meskipun kecil dan terlihat lambat berjalan. Bisnis seperti ini sebenarnya lebih sehat dan fleksibel.

Setelah beberapa bulan yang melelahkan, usaha sampingan yang telah menemukan ritmenya justru bisa menjadi Sumber penghasilan tambahan yang bisa diandalkan. Bukan tidak mungkin, anda justru ingin terjun total dan meninggalkan profesi yang sedang ditekuni. Sebelum melakukan itu yakinkan bahwa keputusan anda rasional. Jangan terburu-buru! skali lagi, take your time

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Dapatkan Artikel Hari Ini

Arsip Blog